Facebook  Twitter  Google+

Saturday 9 April 2016

Istilah-Istilah Dalam Internet Beserta Pengertiannya

Istilah-Istilah Dalam Internet Beserta Pengertiannya
Istilah Dalam Internet
Dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sering kita mendapati tugas atau materi dari guru mengenai internet. Tetapi kebanyakan kita disuruh guru untuk mengenal istilah-istilah dalam internet, sehingga kali ini saya akan membatu kalian dengan ilmu yang saya punya, walaupun sedikit sih!!! Hehehehe...! tetapi ini cukup membantu kalian yang lagi kesusahan dalam mengerjakan tugas. Istilah-istilah dalam internet Beserta Pengertiannya antara lain yaitu :

  • Web

Web merupakan jaringan yang dapat menampilkan data-data dan informasi lain melalui Internet. Atau dengan kata lain Web merupakan bagian dari protokol bahasa http yang paling populer.

  • WWW (world wide web)

WWW merupakan kumpulan penyedia web untuk dipakai secara massal di seluruh dunia. Di dalam WWW, semua dokumen, menu, indeks, dan lain- lain ditampilkan kepada para pengguna Internet sebagai objek dalam format HTML yang dapat dilihat dengan menggunakan Web Browser.

  • Web Site

Web site merupakan sebuah alamat di WWW yang menyediakan informasi tertentu. Contohnya: www.yahoo.com, www.google.com, dan www.detik.com.

  • Web Page

Web page merupakan bagian dari web site yang merupakan lembaran- lembaran halaman sebuah web site.

  • E-mail

E-mail merupakan surat elektronik yang dapat dikirim dan diterima melalui Internet.
Dan lain-lain.


Apa Saja yang Dapat Dilakukan di Internet?

Kebanyakan orang lain menganggap internet hanya digunakan untuk mengerjakan tugas, bermain game, tetapi mereka belum tahu bahwa internet bisa digunakan untuk berbagai hal diantaranya yaitu :

Browsing/Surfing

Browsing atau lebih dikenal dengan nama surfing adalah menjelajah di situs-situs Internet yang bertujuan untuk mendapatkan informasi atau data.

Searching

Searching adalah kegiatan mencari atau memperoleh informasi yang kita inginkan dengan bantuan mesin pencari (search engine). Dengan mesin pencari, kita lebih mudah mendapatkan informasi yang kita cari meskipun kita tidak mengetahui alamat situsnya. Beberapa mesin pencari yang populer saat ini antara lain Google, Altavista, Alltheweb, dan masih banyak lagi.


E-mail

E-mail adalah singkatan dari electronic mail, yang dalam bahasa Indonesia berarti surat elektronik. Seperti namanya, fungsinya juga sama dengan surat, yaitu digunakan untuk mengirimkan berita atau informasi.

Chatting

Chatting dapat diartikan mengobrol atau bercakap- cakap, yaitu salah satu cara untuk berkomunikasi antarpengguna Internet melalui sebuah tempat pertemuan virtual (maya).

Download dan Upload


Download adalah proses mengambil file dari Internet untuk disimpan di komputer kita. Sedangkan Upload atau mengupload adalah proses mengirim file dari komputer kita ke Internet

Demikianlah artikel saya tentang istila-istilah dalaminternter beserta pengertiannya serta apa saja yang dapat dilakukan di internet. Semoga artikel saya ini dapat membantu kalian yang sedang mendapat tugas dari guru. Jangan lupa datang lagi dan bagikan ketemanmu yang ingin belajar juga. Sekian dan terimah kasih.



0 comments:

Post a Comment